PENYEBAB INFEKSI PARU-PARU PADA BAYI BARU LAHIR

Penyebab Infeksi Paru-Paru Pada Bayi Baru Lahir – Penyakit infeksi paru-paru dapat terjadi pada bayi baru lahir, kondisi tersebut tentunya membuat orang tua merasa khawatir karena penyakit infeksi paru-paru salah satu jenis penyakit yang dapat mengancam jiwa.

Bayi baru lahir memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, penting dilakukan pemberian ASI untuk membantu melawan infeksi. Sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit infeksi paru-paru.

Maka dari itu, perlu Anda ketahui penyebab infeksi paru-paru pada bayi lahir. Dan berikut kami rangkum mengenai penyebab timbulnya penyakit infeksi paru-paru.

Penyebab Infeksi Paru-Paru Pada Bayi Baru Lahir

Penyebab Infeksi Paru-Paru Pada Bayi Baru Lahir

Penyebab timbulnya penyakit infeksi paru-paru pada bayi sebagian besar diakibatkan karena bakteri dan virus. Perlu Anda ketahui saluran kelahiran ibu mengandung bakteri terutama jika mereka yang memiliki infeksi aktif.

Selain itu, selama persalinan bayi dapat menelan atau bernafas dalam cairan di jalan lahir dan bakteri atau virus dapat masuk ke paru-paru dan darah bayi.

Bayi dapat menjadi sakit saat melahirkan atau dalam beberapa hari pertama setelah kelahiran. Ketika bakteri atau virus berkembang biak, bayi yang baru lahir bisa jatuh sakit dengan sangat cepat.

Namun, ada sejumlah bakteri dan virus yang dapat ditularkan dari ibu ke bayi yang baru lahir selama kehamilan atau persalinan. Terkadang, bayi yang baru lahir menangkap infeksi setelah lahir dari seseorang yang mengalami pilek atau flu.

Biasanya virus yang paling umum terjadi ialah Respiratory syncytial virus (RSV). Pada sebagian kasus. virus tersebut dapat menyebabkan penyakit seperti radang saluran udara kecil paru-paru atau pneumonia.

Infeksi lebih beresiko terjadi pada bayi yang lahir prematur, bayi dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, bayi dengan usia di bawah 8 atau 10 minggu, bayi terlahir dengan gangguan jantung atau paru-paru.

Gejala Infeksi Paru-Paru Pada Bayi

Gejala dari adanya infeksi paru-paru pada bayi hampir mirip dengan pilek atau flu serta batuk. Namun, jika bayi mengalami gejala seperti di bawah ini segera hubungi dokter atau lakukan pemeriksaan secepatnya.

  • Sulit bernafas
  • Demam tinggi atau suhu tubuh tidak teratur
  • Batuk dengan lendir berwarna kuning, hijau, atau abu-abu
  • Marah dan tidak aktif
  • Menolak untuk menyusui atau saat memberi susu botol
  • Mengalami dehidrasi seperti kurang air mata saat menangis, air seni yang sedikit, kulit kering dan sejuk.

Jika sang buah hati Anda mengalami gejala seperti di atas ada baiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mendapatkan penanganan tepat dan menghindari kondisi yang tidak di inginkan.

Itulah informasi mengenai penyebab infeksi paru-paru pada bayi baru lahir semoga dengan adanya informasi ini dapat menambah wawasan bagi Anda dan jika bayi Anda terdiagnosa penyakit infeksi paru-paru kami memberikan rekomendasi pengobatan untuk bayi yang aman tanpa efek samping. Baca Selengkapnya : Obat Alami Infeksi Paru-Paru Pada Bayi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*