Dampak Kabut Asap Bagi Kesehatan Paru-Paru Yang Perlu Anda Ketahui

Dampak Kabut Asap Bagi Kesehatan Paru-Paru – Kabut asap memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat menyebabkan gangguan pernafasan.

Pada kasus yang parah, kabut asap dapat menyebabkan kematian. Polusi udara yang satu ini merupakan masalah lingkungan terbesar yang memberi dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia.

Tidak hanya untuk manusia, kabut asap juga memiliki dampak buruk untuk lingkungan di sekitarnya dan habitat-habitat yang hidup di dalamnya.

Dampak Kabut Asap Bagi Kesehatan Paru-Paru

Kabut asap dikategorikan sebagai polusi udara yang dihasilkan oleh campuran beberapa jenis gas dan partikel yang bereaksi dengan sinar matahari.

Beberapa jenis gas yang bereaksi dalam proses polusi udara ini ialah karbondioksida (CO2), karbonmonoksida (CO), sulfur oksida (SO2), senyawa organik volatil (VOC), dan juga ozon. Sementara itu, beberapa jenis partikel yang terkandung di dalam kabut asap adalah asap itu sendiri, debu, pasir, serta serbuk sari.

Jenis gas dan partikel-partikel tersebut jika terhirup atau masuk ke dalam tubuh manusia akan membahayakan kesehatan.

Bahaya dari kabut asap dapat bersifat jangka panjang atau jangka pendek. Kondisi tersebut dapat terjadi karena kualitas udara yang tercemar oleh kabut asap mengalami penurunan.

Dampak Kabut Asap Bagi Kesehatan Paru-Paru

Namun, perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa dampak buruk kabut asap bagi kesehatan tubuh. Diantaranya :

1.Kesulitan Bernafas

Dampak buruk kabut asap untuk kesehatan tubuh ialah kesulitan bernafas. Terjadinya kesulitan bernafas disebabkan karena konsentrasi asap yang tinggi di udara, terutama bagi orang yang sering melakukan aktivitas di luar rumah.

Saat menghirup kabut asap, kemampuan kerja paru-paru akan mengalami penurunan sehingga timbul kondisi sulit bernafas.

2. Mudah Lelah

Saat kinerja paru-paru menurun dan proses pernafasan terganggu, secara otomatis tubuh akan merasa mudah lelah saat melakukan aktivitas.

Kondisi tersebut terjadi karena pasokan oksigen ke dalam paru-paru berkurang dan suplai oksigen ke seluruh tubuh menurun. Tidak hanya itu, berbagai jenis gas dan partikel berbahaya akan memenuhi paru-paru dan dapat berakibat buruk bagi kesehatan tubuh lainnya.

3. Batuk Dan Terjadi Iritasi Pada Tenggorokan

Akibat dari menghirup kabut asap, kapasitas dahak akan mengalami peningkatan. Sehingga orang yang menghirup kabut asap akan mengalami gejaka batuk.

Selain itu, daya tahan saluran pernafasan dalam mencegah infeksi akan mengalami penurunan dan berakibat pada tenggorokan yang mudah terinfeksi.

4. Kerusakan Terjadi Pada Paru-Paru

Selain mengalami penurunan kinerja paru-paru, dampak dari kabut asap juga dapat menyebabkan daya tahan paru-paru menjadi turun.

Udara yang telah tercemar oleh kabut asap dan terhirup dalam waktu lama, maka akan mengalami kerusakan pada paru-paru. Maka dari itu, dampak asap kabut pada paru-paru sangat membahayakan kesehatan tubuh.

5. Berdampak Pada Kinerja Jantung

Jika seseorang menghirup udara yang mengandung partikel asap terlalu banyak maka akan mengalami gangguan fungsi jantung. Sekalipun orang tersebut memiliki riwayat penyakit jantung maka rentan mengalami komplikasi.

Berbagai partikel yang ada di dalam kabut asap beresiko menginfiltrasi darah manusia yang dapat mengakibatkan kinerja jantung mengalami gangguan.

6. Kanker Paru-Paru

Dampak kabut asap bagi kesehatan paru-paru yang selanjutnya ialah dapat meningkatkan resiko berkembangnya sel kanker paru-paru.

Kabut asap mengandung berbagai jenis partikel yang sifatnya karsinogenik, jika terlalu banyak di hirup akan meningkatkan resiko perkembangan sel kanker paru-paru. Terlebih jika kondisi kekebalan tubuh dalam kondisi tidak baik maka dapat lebih mudah terjadinya penyakit kanker paru-paru.

Itulah informasi mengenai Dampak Kabut Asap Bagi Kesehatan Paru-Paru. Oleh karena itu, Anda harus bisa melindungi diri dari berbagai ancaman kesehatan.

Ada beberapa cara mencegah bahaya kabut asap bagi kesehatan tubuh

  • Menghindari aktivitas terlalu lama di luar rumah atau gedung, terutama bagi orang yang memiliki riwayat penyakit jantung dan gangguan pernafasan.
  • Jika keluar rumah gunakan masker untuk mencegah masuknya partikel berbahaya melalui pernafasan.
  • Menerapkan pola hidup sehat, seperti mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, tidak merokok serta memperhatikan makanan yang Anda konsumsi.
  • Upayakan agar polusi udara tidak masuk ke dalam ruangan tertutup.
  • Serta minumlah banyak air putih

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, jika Anda mempunyai masalah dengan paru-paru tidak perlu khawatir karena kami disini memberikan solusi kepada Anda untuk melakukan pengobatan dengan obat Gamat Emas Kapsul. Produk herbal asli indonesia ini sangat efektif dalam menuntaskan berbagai macam penyakit termasuk masalah paru-paru.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkap silahkan kunjungi laman ⇒ Obat Infeksi Paru-Paru Alami

Simak Juga : Penyebab Infeksi Paru-Paru Pada Bayi Baru Lahir

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*